26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Dolar tekan rupiah sesaat Joe Biden mundur dari Pilpres AS

    Terkait

    PRIORITAS, 22/7/24 (Jakarta): Pada hari Senin (22/7/24), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tertekan.

    Ya, mundurnya Joe Biden dari pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu pemicu kurs rupiah melemah.

    Jika mengacu data Bloomberg, sejak pembukaan perdagangan Senin, kurs rupiah langsung terdepresiasi. Pada pukul 09.25 WIB, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terkoreksi 0,26 persen ke Rp16.234 per dollar AS.

    Seperti dikatakan pengamat pasar uang Ariston, Tjendra, keputusan Presiden AS Joe Biden mundur dari gelaran pilpres menjadi katalis bagi dollar AS.

    Disebutnya, keputusan itu memperkuat kans Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, untuk memenangkan gelaran Pilpres semakin besar.

    “Kebijakan Trump yang pro AS akan mendorong penguatan dollar AS ke depannya,” kata dia, kepada Kompas.com, Senin (22/7/24).

    Dengan adanya sentimen tersebut, menurutnya, rupiah berpotensi bergerak cenderung terkonsolidasi ke depan. Bahkan, pada pekan ini kurs mata uang Garuda diproyeksi bergerak di zona merah.

    “Kecuali data inflasi AS yang akan dirilis pekan ini menunjukkan penurunan,” ujar Ariston.

    Demi kepentingan partai dan negara

    Sebagai informasi, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memutuskan mundur dari Pilpres AS 2024 yang pemilihannya dijadwalkan terlaksana pada 5 November 2024.

    Keputusan tersebut disampaikan Biden melalui unggahan akun media sosial X atau Twitter miliknya, @JoeBiden, Senin (22/7/24).

    “Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya berfokus pada pemenuhan tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan saya,” tulis Biden dalam akunnya.

    Dalam unggahan itu, Biden juga mengumumkan dukungan kepada Wakil Presiden AS, Kamala Harris, untuk menggantikannya sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat.

    Joe Biden menjadi presiden AS sejak 20 Januari 2021. Semula dia akan mencalonkan diri sebagai presiden AS melawan perwakilan Partai Republik Donald Trump dalam Pilpres 2024.

    Dengan keputusannya itu, Trump gagal melakukan revanche karena dikalahkan Joe Biden di Pemilu sebelumnya. (P-KPS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini