26.3 C
Jakarta
Sunday, September 8, 2024

    Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko keturunan Yahudi

    Terkait

    PRIORITAS, 7/6/24 (Mexico City): Melewati pertarungan penuh dinamika, Claudia Sheinbaum Pardo akhurnya berhasil menjadi presiden terpilih Meksiko.

    Claudua Sheinbaum terpilih setelah meraih kemenangan dalam Pemilu pada hari Minggu lalu.

    Dilaporkan, mantan Wali Kota Mexico City berusia 61 tahun ini juga akan tercatat sebagai pemimpin perempuan pertama Meksiko dalam lebih dari 200 tahun kemerdekaan negara tersebut.

    Ilmuwan peraih Nobel

    Politisi perempuan dari keluarga Yahudi Ashkenazi ini lahir pada 24 Juni 1962. Seperti orangtuanya, Claudia Sheinbaum juga dikenal sebagai ilmuwan.

    Claudia Sheinbaum dikenal atas kontribusinya dalam penelitian perubahan iklim dan energi berkelanjutan.

    Dia pernah menjadi anggota Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2007.

    Dia memulai karier politiknya di Partai Revolusi Demokratik (PRD) sebelum bergabung dengan Partai Morena.

    Claudua menjabat sebagai Wali Kota Mexico City dari 2018 hingga 2023, di mana dia berfokus pada inisiatif lingkungan dan sosial.

    Di bawah kepemimpinannya, kota tersebut mengalami peningkatan dalam transportasi umum berkelanjutan dan pengurangan emisi karbon.

    Claudia Sheinbaum terpilih sebagai presiden, meneruskan agenda progresif pendahulunya; Andres Manuel Lopez Obrador, dengan fokus pada pengurangan ketimpangan, pemberantasan korupsi, dan keberlanjutan lingkungan.

    Deretan penghargaan penting

    Nobel Perdamaian (2007)

    Claudia Sheinbaum Pardo merupakan bagian dari tim IPCC yang dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 2007.

    IPCC diakui atas upayanya dalam meningkatkan dan menyebarkan pengetahuan tentang perubahan iklim buatan manusia dan meletakkan dasar untuk langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi perubahan tersebut.

    Penghargaan UNAM untuk Akademisi Muda dalam Inovasi Teknik dan Teknologi (1999)

    Penghargaan ini diberikan oleh Universitas Otonomi Nasional Meksiko (UNAM) kepada Claudia Sheinbaum atas kontribusinya dalam bidang teknik dan inovasi teknologi.

    Anggota Sistem Nasional Peneliti (SNI) Level III

    Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada peneliti terkemuka di Meksiko, mengakui kontribusi mereka terhadap pengetahuan dan penelitian ilmiah.

    Medali Lazaro Cardenas (2019)

    Medali ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Institut Politeknik Nasional (IPN) di Meksiko, yang mengakui kontribusi signifikan Claudia Sheinbaum terhadap pengembangan negara dan pekerjaannya di bidang ilmu lingkungan dan kebijakan.

    Claudia Sheinbaum dikenal sebagai pribadi yang berdedikasi, baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi.

    Dia memiliki dua anak dari pernikahannya dengan politikus Carlos Imaz, meskipun mereka bercerai pada tahun 2016.

    Claudia Sheinbaum menjadi simbol perubahan dan harapan bagi banyak warga Meksiko, terutama dengan latar belakang ilmiah dan politiknya yang kuat serta visinya untuk masa depan yang lebih baik. (P-SIN/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini